jOoLLyJoYboOm

semua bunga esok hari ada dalam benih hari ini. semua hasil esok ada dalam pikiran hari ini. ~Aristoteles~

Kedamaian

27 July 2007
Kedamaian

Ditengah malam yang telah semakin larut ini, aku coba menulis dengan kejernihan hati, tentang kehidupan dan kedamaian.

Dalam pencarian kepada hasil maksimal kadang kita bersedia mengurbankan banyak hal, baik untuk mencapai kesuksesan ataupun penumpukan material dalam hidup ini.

Menjadi sukses, menjadi kaya, menjadi besar, menjadi hebat, dan sejuta keinginan lainnya, telah menjadi sebuah obsesi kehidupan. Kita adalah mahluk serakah yang tidak suka mengakuinya.

Kita kurbankan waktu berharga kita, kita kurbankan hubungan persahabatan, kita kurbankan perasaan dan harga diri kita, hanya untuk mencapai sesuatu kepuasan kesuksesan yang mungkin nisbi juga akhirnya.

Di keheningan malam ini kucoba renungkan lagi, bahwa sebenarnya tujuan akhir perjalanan ini adalah sebuah liang lahat yang cuman 2 x 3 meter saja.

Mengapa kita mesti bertengkar dan berselisih dan bermusuhan, mengapa pula mesti bersikukuh tidak mau mentolerasi keinginan dan mimpi dan tujuan kehidupan ini?

Kemampuan merasa puas terhadap apa yang sudah kita dapatkan adalah sebuah keajaiban yang sukar ditemukan orang, karena kita telah dibutakan oleh optimalisasi keserakahan hidup ini.

Gunung, sungai, rembulan dan matahari tetap akan ada disini, sementara kita akan berlalu pula dari bumi ini.

Alangkah indahnya kehidupan, kalau kita mau menghirupnya dengan sebuah kedamaian, kesegaran, dan kepuasan diri.

---selamat malam,

tanadi santoso, surabaya, 27 July 2007

sumber : FB Tanadi Santoso

0 komentar:

Posting Komentar